Minggu, 19 April 2020

Seronaknya Berkunjung Ke Panti Wreda Omega

Pada tanggal 12 november 2019 kemarin saya melakukan kegiatan kunjungan dalam rangka mengerjakan tugas yang saya laksanakan di Panti Wreda Omega Semarang. Dipanti tersebut banyak yang menggunakan kursi roda untuk berjalan. Awalnya saya malu harus bertemu dengan kakek nenek yang sudah tua-tua tersebut. Akan tetapi setelah saya mulai berinteraksi dengan beberapa orang disana saya menjadi lebih nyaman. Kegiatan awal kami disana adalah bernyanyi-bernyanyi kamipun berinteraksi dengan kakek nenek yang ada disana, kami juga tak lupa untuk membaur, kami mengajak kakek nenek untuk ikut bernyanyi. Dari kegiatan yang kami lakukan, kami melihat kakek nenek senang, mereka tersenyum dengan lebar dan memperlihatkan giginya yang ompong, saya juga tertawa melihatnya didalam hati saya bersyukur apabila kakek nenek ini bisa senang dengan kehadiran kami. Dengan begitu artinya mereka yang ada disana menerima dengan baik niat baik kami untuk sekedar berbagi cerita dengan kami.
Setelah acara bernyanyi selesai kami melanjutkan kegiatan deng sharing bersama kakek nenek dan juga teman-teman yang lain. Dalam kegiatan sharing ini dibagi dalam beberapa kelompok sesuai kelompok kemarin. Saya dan teman-teman mendatangi seorang nenek-nenek yang sudah lanjut usia pada saat ditanya dia berumur sudah 68 tahun. Beliau dititipkan dipanti karena dia sudah tidak memiliki keluarga, dia mempunyai 1 orang anak tetapi anak tersebut sudah meninggal. Setelah anaknya meninggal suaminya pun juga meninggal. Dia dirumah sendirian, tetapi ada pendeta yang baik hati yang membawa nenek itu kepanti jompo tersebut. Mungkin karena pendeta tersebut kasihan kepada nenek tersebut karena nenek tersebut hidup sebatang kara. Nenek tersebut kalau jalan sudah menggunakan kursi roda mungkin kakinya sudah tidak kuat untuk berjalan. Yang kedua kami menghampiri seorang ibu-ibu. Dia tidak bisa berbicara tetapi dia mengerti apa yang kita bicarakan. Dia disana bersama dengan suaminya mungkin usianya sudah 80 tahun lebih karena sudah tua. Kami tidak tau apakah dia masih punya anak apa tidak tapi keduanya sudah tidak berbicara semuanya. Yang ketiga kami mendatangi seorang laki-laki dia tidak terlalu muda usianya adalah 63 tahun. Dia disana dibawa oleh anaknya, baru 3 bulan dia disana. Anaknya yang sibuk dengan pekerjaaannya menjadikan anak tersebut harus menitipkan orang tuanya disana, istri nya sudah meninggal lama dan anaknya yang lain tinggal dijakarta makanya dia dititipkan dipanti tersebut. Disamping bapak tersebut ada juga seorang bapak umurnya juga hampir sama, tapi lebih tua dari bapak ini. Dia baru saja jatuh dan dibagian pelipisnya luka dan harus dijahit, dia jatuh dikeramik. Bapak ini juga katanya tidak suka tidur dikamar, tidurnya yaitu dikursi depan televisi, dia kalau tidur dikamar katanya dia tidak bisa tidur, dia juga jalannya menggunakan tongkat.
Waktu menunjukan pukul 11.00 saatnya para kakek nenek untuk istirahat, padahal kita masih ingin sharing dengan mereka. Sebelum kita pulang juga kita menyanyikan lagu terlebih dahulu, setelah kita bernyanyi kita berpamitan untuk pulang.
Banyak hal yang mampu saya petik dari kegiatan ini, saya seharusnya lebih bersemangat dalam menghadapu tantangan apapun didalam kehidupan saya. Kakek nenek yang sudah tua saja masih semangat menjalani hidup apalagi kita yang masih jauh lebih muda dibandingkan mereka. Saya juga belajar lebih menghargai orang tua yang sudah membesarkan dan merawat saya hingga saat ini, saya harus lebih menyayangi mereka, menghormati  dan terus menjaga mereka hingga mereka beranjak tua dan tidak mampu lagi melakukan kegiatan sehari-hari  mereka seperti kakek nenek yang ada dipanti. Dan kelak saya yang harus merawat dan menjaga orang tua saya seperti mereka menjaga dan merawat saya hingga saya mampu menjalani hidup dan menikmati hidup seperti sekarang ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bulan Ramadhan gak ada kata untuk tidak berolahraga bukan??

Bulan Ramadhan gak ada kata untuk tidak berolahraga bukan??       Jadi selama bulan ramadhan, marilah kita melakukan...